Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gemar Minum Teh? Simak 4 Manfaatnya yang Tersembunyi



Hobi minum teh tiap pagi atau sore? Jika ya, tak ada salahnya Anda tetap meneruskan kebiasaan ini. Studi ungkap teh banyak manfaatnya lho bagi kesehatan tubuh.

Di antaranya bahkan mengurangi risiko dari beberapa penyakit seperti diabetes, katarak dan kanker. Ya, asalkan diminum dalam jumlah yang cukup dan tak terlalu banyak ditambahkan gula, teh bisa menjadi salah satu minuman yang menyehatkan.

Berikut 4 manfaat tersembunyi dari konsumsi teh yang perlu Anda ketahui:



1. CEGAH DIABETES

Minum tiga atau lebih cangkir teh hitam sehari disebutkan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bagi Anda yang terlanjur sudah mengidap kondisi ini, konsumsi teh hitam bermanfaat membantu mengontrol kestabilan gula darah. Sebuah studi dari Framingham State University bahwa antioksidan dari teh hitam dapat memblokir enzim yang berfungsi untuk meningkatkan gula darah.

Laporan yang dipublikasikan di jurnal Frontiers of Nutrition ini bahkan juga menyebutkan bahwa konsumsi rutin teh hitam dapat menurunkan kadar gula darah secara alami.



2.KAUATKAN TULANG

Selain mencegah diabetes, minum tiga cangkir teh hitam dalam sehari juga membantu menjaga tulang tetap kuat di usia tua kelak. Demikian disebutkan sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition. Teh kaya akan flavonoid, yakni sejenis antioksidan yang terkait dengan kepadatan tulang.



3. LINDUNGI MATA DARI KATARAK

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Chemical Society's Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa catachins dapat melindungi mata dari glaukoma. Catachins sendiri merupakan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau. Dalam sebuah studi di University of Scranton, konsumsi teh juga disebutkan dapat mengurangi risiko katarak.



4. PANGKAS RESIKO KANGKER

Sebuah penelitian di Italia, tepatnya di University of Parma, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena kanker prostat. Sejumlah penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi teh secara signifikan dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker lainnya. Seperti di China, sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.