7 Kebiasaan Baik Yang Akan Membuat Awet Muda dan Panjang Umur

Dilansir dari Metronews.com. Gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari menjadi salah satu indikator yang menentukan angka harapan hidup. Biasanya, orang-orang dengan kebiasaan baik memiliki usia yang panjang dan risiko kematian di usia muda yang rendah.



Baca juga : Tak Hanya Cegah Penyakit Jantung, Ketahui Manfaat Lain Buah Kecapi

Tak pernah ada kata terlambat untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Berikut ini adalah kebiasaan baik yang sering dilakukan orang tua yang berumur panjang.

1. Melakukan olahraga sebagai kebiasaan

Olahraga dan aktivitas fisik menjadi kebiasaan orang-orang yang berumur panjang. Olahraga yang dilakukan biasanya relatif singkat, namun konsisten, walau hanya sekadar berjalan atau bersepeda. Ini dipercaya lebih efektif untuk menjaga kesehatan dibanding latihan terlalu keras di tempat fitnes.

2. Lebih banyak makan serat

Sebagian dari mereka mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian utuh serta kacang-kacangan. Makan segenggam kacang sehari dapat menambah kesempatan hidup dua hingga tiga tahun. Mereka cenderung makan daging di momen tertentu dan lebih sering mengonsumsi ikan.

3. Berhenti makan sebelum kenyang

Kebanyakan dari kita akan makan hingga perut terasa penuh atau kenyang. Namun, orang yang berumur panjang biasanya akan berhenti makan saat perut baru 80 persen penuh. Ketika Anda berhenti makan setelah tidak merasa lapar, tapi belum kenyang, ini akan membantu mengurangi perut kembung dan melebarnya ukuran pinggang Anda.

4. Mengurangi stres

Masalah hampir seluruh penyakit adalah peradangan kronis. Peradangan kronis berasal dari peradangan usus yang bisa didapat dari makanan atau stres. Cobalah menghindari atay mengurangi stres dengan bertemu teman, sambil jalan sore atau sekedar minum kopi.

5. Memiliki tujuan hidup

Seseorang yang memiliki tujuan hidup dapat bernilai sampai tujuh tahun harapan hidup lebih besar dibanding mereka yang tidak memiliki tujuan hidup. Selain itu, memiliki persahabatan atau pertemanan yang erat dan melakukan gaya hidup sehat dapat mendukung kualitas kesehatan Anda.

6. Memiliki keyakinan yang kuat

Berkumpul dengan komunitas dan memiliki keyakinan yang kuat terhadap agama yang dianutnya dapat menambahkan hingga 14 tahun harapan hidup.

7. Mengutamakan keluarga

Memiliki hubungan yang positf dan komitmen dengan sebuah hubungan dapat menambah hingga enam tahun harapan hidup seseorang. Karenanya, jalin hubungan yang mendalam dengan keluarga dan pasangan. Hindari pertengkaran dengan mereka dan orang lain.
Powered by Blogger.