Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Buah ini Sangat Membantu Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda




MENJAGA fungsi ginjal tetap sehat merupakan hal penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah-buahan tertentu. Buah-buahan ini juga mencegah Anda terkena batu ginjal, bahkan kerusakan ginjal. Berikut buah yang harus Anda makan setiap hari untuk menjaga ginjal tetap sehat.



1. Apel 

Apel kaya akan antioksidan, rendah kalium dan dikemas dengan senyawa anti-inflamasi, sehingga berperan penting meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, pektin dalam apel secara signifikan menurunkan risiko kerusakan ginjal dari waktu ke waktu.



2. Anggur 

Anggur mengandung resveratol, yaitu senyawa anti-inflamasi yang hadir di kulitnya. National Kidney Foundation merekomendasikan setidaknya makan 15 buah anggur sehari untuk meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga keseimbangan elektrolit.



3. Lemon 

Mulai hari ini Anda harus minum segelas jus lemon setiap hari. Selain mendetoksifikasi racun dari tubuh, minum jus lemon juga meningkatkan fungsi ginjal dengan menurunkan tekanan terhadapnya. Selain itu, antioksidan dalam lemon juga berperan penting menjaga ginjal tetap sehat.



4. Cranberry 

Selain mencegah infeksi saluran kemih, cranberry juga membantu menjaga ginjal tetap sehat. Cranberry rendah kalium dan tinggi antioksidan yang mendetoksifikasi asam urat berlebih dari tubuh. Selain itu, makan cranberry setiap hari juga menurunkan risiko batu ginjal, karena rendahnya kadar oksalat dan kalium.



 5. Semangka 

Semangka berperan sebagai agen detoksifikasi alami, karena kandungan air dan mineral yang tinggi. Hal ini akan membantu membersihkan racun dari tubuh dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, meningkatkan fungsi ginjal dan kesehatan secara keseluruhan.